Kades Manjung Wonogiri Tersandung Korupsi Ratusan Juta

Tersangka HTN (Kepala Desa Manjung) saat berada di Kejaksaan Negeri Wonogiri (tulus/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG-WONOGIRI -Kepala Desa Manjung Kecamatan Wonogiri kota, Kabupaten Wonogiri berinisial HTN, tersandung masalah korupsi, tepatnya dugaan penyimpangan pengelolaan aset desa di Desa Manjung Tahun 2019 – 2022, yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 327.431.546.
Hal tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Porman Patuan Radot, melalui siaran pers yang diterima Senin 18 Desember 2023 malam.
Dijelaskan lebih lanjut, pada Senin 18 Desember bertempat di ruang Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Tahap 2 (Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti) dari Jaksa Penyidik Kejari Wonogiri Penuntut Umum Kejari Wonogiri
‘’Kepada Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Wonogiri dalam perkara Tindak Pidana Korupsi Dugaan Penyimpangan Pengelolaan Aset Desa di Desa Manjung Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun 2019 hingga 2022 yang menjadi tersangka adalah HTN (Kepala Desa Manjung) yang mengakibatkan Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp. 327.431.546,’’ kata Kajari.
Diketahui bahwa Tahap II tersebut diperiksa oleh Tigor Untung Marjuki selaku Kepala Seksi PB3R Kejari Wonogiri sedangkan tersangka didampingi oleh Penasehat Hukumnya.
Dalam kegiatan tersebut Penuntut Umum yang ditunjuk langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri memeriksa tersangka dan Barang Buktinya sesuai atau tidak dengan berkas perkaranya dan setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka dilakukan Penahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II/b Wonogiri selama 20 hari kedepan terhitung mulai tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 06 Januari 2024.
Terkait dengan penanganan perkara tersebut Penuntut Umum akan segera melimpahkan perkara ini ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Semarang.(tls)