Warga Kragan Gondangrejo Antusias Ikuti Sosialisasi Pembuatan Minuman Kunyit Instan

Mahasiswa KKN-T MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan sosialisasi pembuatan minuman kunyit instan di Dusun Kauman, Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar (doc.hestik/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KARANGANYAR- Mahasiswa KKN-T MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta Progam Studi Teknologi Hasil pertanian melakukan Sosialisasi Pembuatan Kunyit Instan di kalangan ibu-ibu pengajian Dusun Kauman, Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.
KKN MBKM Unisri kali ini mengangkat tema Unisri Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi dilaksanakan pada 25 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022. Kelompok 29 ditempatkan di Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Muadz, S.Sn., MA.
Kegiatan ini merupakan progam kerja dari salah satu mahasiswa KKN UNISRI kelompok 29 yaitu Hestik Wulaningsih Prodi Teknologi Hasil Pertanian/Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Slamet Riyadi Surakarta untuk memberikan sosialisasi terhadap hasil pertanian serta meningkatkan kesadaran dan kreativitas masyarakat desa dalam ber inovasi terhadap komoditas hasil pertanian dengan pengolahan pangan.
Hestik Wulaningsih menjelaskan dalam Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini mahasiswa KKN UNISRI kelompok 29 melaksanakan sosialisasi pembuatan minuman kunyit instan.
“Hal ini merupakan salah satu poin dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dari bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat,” kata Hestik.
Dia menjelaskan dalam masa pasca pandemi ini masyarakat harus tetap menjaga kesehatan atau meningkatkan imun, kunyit merupakan bahan yang memiliki banyak manfaat dalam mendukung hal tersebut, maka dari itu untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat dalam mengonsumsi minuman tradisional dari kunyit tersebut perlu adanya inovasi produk seperti minuman kunyit instan.
Untuk itu, pada Sabtu 20 Agustus 2022 mahasiswa KKN-T MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan sosialisasi pembuatan minuman kunyit instan di Dusun Kauman, Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar yang diikuti sebanyak 50 ibu-ibu rumah tangga. Kegiatan Sosialisasi pembuatan minuman kunyit instan sebagai implementasi dalam memodifikasi bahan hasil pertanian tersebut merupakan hal yang perlu di era sekarang ini, apalagi di era sekarang sangat rentan akan terserang penyakit.
Sosialisasi pembuatan minuman kunyit instan dilakukan karena minuman kunyit instan mudah pembuatannya dan bahan pembuatannya sangat mudah didapatkan. Sosialisasi pembuatan kunyit instan ini diharapkan ibu-ibu pengajian dapat mengembangkan modifikasi dari bahan hasil pertanian yaitu kunyit, karena kunyit sendiri memiliki banyak manfaat yang berguna menjaga kesehatan.
Turut hadir pada sosialisasi tersebut, Ustadz H. Sarbini S.Ag, dimana dalam pengajiannya mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi pengetahuan dan inovasi baru bagi ibu-ibu mengenai bahan-bahan hasil pertanian salah satunya yaitu kunyit.
“Kegiatan sosialisasi pembuatan kunyit instan di kalangan ibu-ibu sudah terlaksana dengan baik, ibu-ibu pengajian sangat antusias dan bersemangat mengikuti sosialisasi hingga diakhir acara.” (**)