Ini Review Lengkap Persika Karanganyar Tahan Persak kebumen

FOKUS JATENG.COM,Karanganyar – Squad Persika kembali merumput di ajang lanjutan Kompetisi Grup D Liga 3 Jawa Tengah 2021, di Stadion Bumi Phala Temanggung yg juga terkenal bumi rakai pikatan, Rabu (03/11/2021) sore, mengh berhadapan dengan squad tangguh Persak Kebumen.

Peluit awal pertandingan dibunyikan, gelandang tengah Erlangga Adhyaksa, Persak Kebumen bergegas menerobos maju melakukan serangan ke jantung pertahanan Persika.

Langkah serang squad Persak sempat membuat skuad Persika kewalahan. Tak mau kedodoran, sekuat tenaga barisan pertahanan Persika berupaya keras membendung serangan yang dilancarkan tim lawan.

Pada menit ke-10, pelanggaran terjadi terhadap penyerang Persak yang dilakukan pemain dari kubu Persika di area kotak terlarang. Akibatnya, Persak mendapat hadiah tendangan pinalti yang dihadiahkan oleh wasit pemimpin pertandingan, Hartono, membuka peluang bagi Persak Kebumen unggul.

Tendangan dua belas pas yang dilesatkan Dzulqaida Rofid, berhasil mengecoh konsentrasi Bagus Djiwo, penjaga gawang Persika Karanganyar. Alhasil, skor pun berubah menjadi 1 – 0 untuk Persak Kebumen.

Tertinggal 1 angka, Persika pun membangun serangan untuk berbalik menggempur pertahanan Persak Kebumen. Namun, benteng pertahanan Persak yang begitu rapat masih sulit diterobos para pemain – pemain Persika.

Persak kembali mendapat peluang untuk menambah angka kedudukan di menit ke-17. Akan tetapi, tendangan bebas yang diarahkan Helvian Diaz Pratama melengkung tipis ke samping kiri gawang Persika.

Serangan balasan juga dilakukan pemain Persika lewat spekulasi tendangan jarak jauh Dimas Adik Triwibowo, namun bola terlalu melambung di atas mistar gawang Persak.

Alih – alih menghambat tekanan dari pemain lawan, Persika justru diganjar kartu kuning pertama pada menit 28, setelah Mohamad Iqbal menghalau keras serangan cepat pemain Persak.

Berlanjut ke menit ke-33, Persak harus memasukkan Muhammad Khakam untuk memperkuat timnya, setelah pencetak gol pertama Dzulqaida Rofid cidera dan keluar lapangan.

Hingga habis 3 menit injury time dan babak pertama usai, skor masih tetap bertahan 1 – 0 untuk keunggulan Persak Kebumen.

Memasuki babak kedua, tim kuat Persak Kebumen masih mempertahankan ciri khas permainan dengan bola-bola cepatnya. Kali ini, kecepatan dua wing back Persak diandalkan untuk mengoyak barisan pertahanan Persika.

Terlalu fokus melakukan penyerangan, Persak lengah dan meninggalkan celah di bagian kiri pertahanan yang terbaca oleh pemain Persika. Memanfaatkan peluang, lewat tendangan keras spesialis kaki kirinya di kotak penalti, Wahyu Hidayat mampu memperdaya penjaga gawang Persak, Reza Agus Febrian dan membuahkan gol balasan untuk Persika, di menit ke-55. Persika pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1.

Saling memperkuat pertahanan, masing – masing kubu kesebelasan beberapa kali harus melakukan penyegaran pemain dengan pergantian di menit-menit berikutnya.

Menjelang menit – menit akhir pertandingan, Persak kembali mendapat peluang namun masih sia – sia, karena penjaga gawang Persika, Bagus Djiwo, cekat menepis tendangan bebas yang dilakukan oleh Sidang Iskushardianto.

Menjelang 3 menit tambahan waktu pertandingan babak kedua ini, wasit menghadiahkan kartu kuning kepada pemain Persak Kebumen, Diky Wicaksono, akibat menjatuhkan salah satu pemain dari Persika.

Saat  wasit pemimpin pertandingan, Hartono, meniup peluit panjang tanda usainya pertandingan Grup D pada kompetisi Liga 3 Jateng 2021 sore itu, skor antara Persika Karanganyar melawan Persak Kebumen tetap bertahan imbang 1 – 1.

Ditemui usai pertandingan, Pelatih Kepala Persika Karanganyar, Beny Andriawan, mengatakan pihaknya cukup bersyukur atas hasil perjuangan anak – anak asuhannya dalam pertandingan kali ini.

“Alhamdulillah, meskipun tadi seharusnya tim kita bisa menang dan di babak kedua kita juga sudah menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang sudah tercipta, tetapi hanya satu gol yang dapat dihasilkan,” ungkapnya.

Permainan Persika kali Ini, menurut Beny Kingkong sapaan Pelatih Kepala Persika itu, belum jauh berbeda dari laga sebelumnya, saat Persika saat berlaga perdana di Grup D Liga 3 Zona Jawa Tengah, saat menang 2 – 1 melawan Persibas Banyumas di Stadion Moch Soebroto Magelang pada Senin (1/11/ 2021) lalu.

“Seperti pertandingan kemarin, juga banyak peluang tetapi hanya tercipta satu gol. Meskipun kemarin mencetak dua gol, tetapi Persika sempat tertinggal terlabih dahulu. Dimana di babak pertama pemain sempat down karena pemain kita melihat bahwasanya Persak banyak pemain Pra PON, sehingga pemain kita sempat nervous dan sering terjadi salah passing, salah umpan dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Kembali ke pertandingan melawan Persak Kebumen yang baru saja usai dilakoni Persika. Beny Kingkong menyampaikan bahwa di babak kedua permainan Persika dapat dibenahi.

“Sehingga anak – anak Persika dapat kami motivasi, kami berikan cara untuk menyelesaikan pertandingan ini dengan baik. Meskipun seharusnya kita menang, tapi inilah hasil yang terbaik, kita syukuri saja,” tandasnya.

Terkait persiapan untuk menghadapi pertandingan melawan PPSM Sakti Magelang yang dijadwalkan di Stadion Moch Soebroto Magelang pada Minggu (7/11/2021) sore mendatang, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu atas hasil pertandingan yamg sudah dijalani Persika.

Beny Andriawan berharap Persika dapat tampil lebih baik dengan persiapan yang ada. Sehingga di pertandingan – pertandingan berikutnya ada perubahan yang signifikan untuk menambah daya gedor.

“Termasuk kelemahan pemain yang saat ini ada di striker yang kurang tajam. Untuk formasi tidak ada perubahan, hanya saja akan ada pemain yang akan kami rolling terutama di posisi wing back kanan yang dalam pertandingan ini kami lihat masih kedodoran dan sering salah posisi dan salah umpan. Itu juga nanti akan kita evaluasi dan perbaiki sambil menunggu jeda empat hari,” jelasnya.

Sementara itu, Pelatih Kepala Persak Kebumen, M Irfan, mengatakan pihaknya pun akan melakukan evaluasi atas hasil permainan anak – anak asuhnya untuk menghadapi pertandingan berikutnya.

“Alhamdulillah, apapun hasilnya kami bersyukur untuk pertandingan hari ini. Namun akan ada perbaikan – perbaikan yang akan kami evaluasi kembali, agar nanti di pertandingan selanjutnya dapat tampil lebih maksimal. Termasuk untuk dua pemain kami yamg cidera. Kami tetap apresiasi terhadap perjuangan anak – anak Persak dalam pertandingan ini,” ucap M Irfan ( bre)