PDIP Karanganyar Lantik Pengurus Ranting

Ketua DPC PDIP Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo

Ketua DPC PDIP Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo (suroto/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – KARANGANYAR – Pemanasan mesin politik dan konsolidasi  sudah dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjelang kontestasi politik 2024.

Begitu pun DPC PDIP Kabupaten Karanganyar yang telah melantik Pengurus Ranting di tingkat kecamatan maupun Anak Ranting di tingkat desa. Hal ini dilakukan  guna mempersiapkan kader terbaik partai mulai dari sekarang.

“Pelantikan Pengurus Ranting dan Anak Ranting adalah untuk melegitimasi struktural kepengurusan yang sebelumnya telah terbentuk, supaya secara de jure memiliki kekuatan hukum,” terang Ketua DPC PDIP Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo kepada wartawan, di sela acara virtual Pelantikan Pengurus Ranting dan Anak Ranting, di Kantor DPC PDIP Kabupaten Karanganyar pada Minggu (19/09/2021).

Tak hanya mendapatkan gemblengan ideologi politik dan kedisiplinan, kader PDIP baik di Pengurus Ranting maupun Anak Ranting juga ditekankan untuk tegak lurus terhadap instruksi DPP PDIP sebagai putusan tertinggi partai dan mematuhi AD/ART juga norma – norma serta aturan partai.

“Jadi mulai dari kepengurusan ranting, anak Ranting hingga DPC semua dipersiapkan untuk menghadapi event – event politik baik pilpres, pilkada maupun pileg, mulai dari saat ini harus diperkuat. Istilahnya semua mesin – mesin politik sedari sekarang  harus kita panasi,” imbuhnya.

Bagus Selo juga mengatakan, terkait persiapan menjelang Pileg 2024, pihaknya akan membentuk stelsel dalam rangka penentuan target. Kendati begitu, ia mengatakan saat ini penguatan struktural menjadi hal yang lebih penting untuk dilakukan.

“Namun terkait teknik dan sebagainya itu nanti saja. Karena ada komponen tiga pilar yaitu struktur, legislatif serta kader yang akan menduduki eksekutif. Target kita di Kabupaten Karanganyar dapat merebut kursi sebanyak -banyaknya, minimal 50 persen dari jumlah kursi di DPRD dan merebut kedudukan Bupati. Harapannya, Bupati Karanganyar periode 2024 harus dari PDIP,’’ ujarnya.

Bagus Selo kembali menekankan, di dalam PDIP semua kader harus tetap tegak lurus dan patuh terhadap keputusan maupun intruksi dari DPP. Mengingat semua kader adalah sebagai petugas partai, ia pun tak ingin ada kader partai yang mempunyai gagasan sendiri di luar intruksi maupun keputusan DPP PDIP.

“Seandainya sampai ada yang melenceng nanti akan ada sanksinya, baik berupa  peringatan sampai tiga kali, kalau memang tidak mengindahkan arahan ya dipecat. Jadi ketegasan partai ini sudah mulai dikukuhkan, bahwa kader partai tidak boleh mempunyai gagasan sendiri – sendiri di luar intruksi DPP,” tandasnya.

Menurut Bagus Selo,  konsolidasi internal yang dilakukan adalah untuk membangun image bahwa PDIP Karanganyar juga sudah siap untuk menyongsong kontestasi politik 2024.

Disinggung terkait nama calon yang kemungkinan bakal diusung PDIP pada Pemilu 2024 mendatang, Bagus Selo mengatakan hal itu semua kembali kepada keputusan DPP.  Pihaknya juga tak menginginkan adanya kasak – kusuk di dalam internal partai.

“Harus menunggu instruksi DPP. Siapa pun yang mendapat kartu rekomendasi, semua harus kembali pada keputusan DPP. Semua kader diberi keleluasaan untuk berinovasi, berkreatifitas, menunjukkan kemampuan maupun  kompetensi, termasuk di dalam stelsel. Namun semua harus kembali kepada keputusan DPP. Kalau ini kuat, otomatis caleg – caleg yang ingin maju dari PDIP akan menambah tenaga – tenaga untuk bertarung di kontestasi politik 2024,” jelasnya.

Masih terkait persiapan Pileg 2024, Bagus Selo menyampaikan, pihaknya akan menyaring kader – kader yang masih duduk di legislatif maupun yang ada di struktural maupun non struktural.

“Dimana nanti akan ada proses pendidikan politik, penggemblengan ideologi politik dan sebagainya untuk memantapkan bahwa mereka benar – benar siap menjadi kader PDIP. Mereka semua adalah petugas partai, jadi segala sesuatu sudah ditentukan partai. Termasuk pembagian Dapil juga tergantung partai. Semua itu nanti akan ditata oleh tim yang benar – benar menata untuk menambah kekuatan. Karena penanggung jawab DPC PDIP di Karanganyar adalah komandan el stelsel,” ujarnya.

Bagus Selo menegaskan, secara pribadi ia tidak memiliki ambisi untuk menjadi orang nomor satu di Kabupaten Karanganyar. Walau jika dikehendaki partai dia tidak mempunyai pilihan lain, namun secara prinsip ia mempersilahkan jika memang ada kader terbaik yang ingin maju.

Secara tegas Bagus selo juga mengatakan, ada target-target tertentu yang harus dicapai, sehingga jika tidak tercapai maka ia pun siap mengambil konsekuensi untuk mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Karanganyar.