Seorang Warga Lansia Meninggal Dunia saat Antri Vaksin

Ilustrasi by Pixabay (/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – SUKOHARJO – Gempar. Begitulah situasi pencanangan vaksinasi untuk warga usia lanjut yang berlangsung di Desa Karangwuni, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo mendadak gempar pada Selasa (9/3/2021). Seorang warga lansia asal desa setempat pingsan saat sedang menunggu giliran mendapatkan vaksin.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, warga tersebut langsung mendapatkan pertolongan. Namun saat dibawa ke RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo untuk mendapatkan pengobatan, korban meninggal dunia.

Juru bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati saat dikonfirmasi awak media membenarkan. Lansia tersebut berjenis kelamin perempuan.

“Iya benar, ada yang meninggal dunia,” kata Yunia melalui pesan singkat WhatsApp.

Ia menjelaskan, korban meninggal dunia sebelum menerima vaksin untuk lansia bermerk Sinovac. Sebelum jatuh pingsan, korban sempat melakukan registrasi sebagai penerima vaksin.

Usai registrasi, korban mengaku merasa pusing, dan oleh petugas diminta duduk untuk beristirahat terlebih dahulu. Namun tiba-tiba terjatuh dan pingsan.

Melihat kejadian itu, petugas lantas membawa korban ke ruang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) untuk selanjutnya diberi bantuan oksigen menggunakan selang yang dipasang melalui hidung.

“Korban dirujuk ke RSUD Ir Soekarno Sukoharjo. Namun¬†setelah tiba di rumah sakit meninggal dunia. Jadi yang bersangkutan belum divaksin. Baru akan divaksin mengeluhkan pusing dan pingsan,” kata Yunia.

Untuk diketahui, pencanangan vaksinasi di Sukoharjo dengan sasaran warga lansia sudah dimulai beberapa hari yang lalu. Secara bertahap, nantinya akan menyasar seluruh wilayah kecamatan menyesuaikan ketersediaan vaksin.