Kwarcab Pramuka Karanganyar Seleksi Putra-Putri Duta Pramuka Tahun 2020

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karanganyar Kurniadi foto bersama pemenang seleksi Duta Pramuka Karanganyar 2020. (Suroto Bre/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KARANGANYAR-Pengurus pramuka Kwarcab Kabupaten Karanganyar lakukan seleksi puta-putri terbaik sebagai Duta Pramuka tahun 2020, Selasa (28/07/2020). Event tersebut tidak mengabaikan protokol kesehatan untuk kebaikan bersama meski dilakukan secara daring.

Seleksi Duta Pramuka kali ini Kwarcab Karanganyar menggelar 7 daring atau online secara g peserta cukup banyak hingga berhasil menjaring 60 peserta yang mendaftar.

Sedangkan materinya juga cukup berat terbagi 4 sessi yakni mulai dari seleksi tentang wawasan umum dan khusus guna mengetahui kadar pengetahuan si calon Duta Pramuka. Seleksi dilakukan secara daring.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karanganyar Kurniadi mengatakan pihaknya sangat selektif benar-benar mencari SDM handal profesional sosok Duta Pramuka sehingga tidak asal-asalan dan bagian dari rutinitas tahunan. “Perkembangan zaman kian pesat digitalisasi sehingga pemenang Duta Pramuka Kwarcab Karanganyar ini harus ngabehi dan mumpuni (menguasai semua lini) terutama bidang pramuka dan pengembangannya” tandasnya.

Untuk itu lanjut Kurniadi yang juga Kepala Badan Keuangan Daerah BKD materi tesnya benar-benar berat serta dinilai juri berkelas.

Diketahui materi seleksi kedua adalah bakat dan audiensi melalui pengumpulan vidio pada tgl 25 juli 2020 diharapkan dari tes ini terpantau kemampuan spesifikasi peserta.

Selanjutnya adalah materi test tertulis melalui google form dan pemantauan melalui google meet pada tgl 26 juli. Jika peserta lolos pada seleksi umum maka masuk tahap wawancara guna mengerucutkan nama-nama yang lolos pada tahap penyisihan.

Dari hasil tes keseluruhan berhasil terpilih juara satu putra yakni Galuh Guntur Saputro dari SMAN I Karanganyar dan pemenang putri Calista Happy Rosita Dewi, MAN Karangpandan.

Terhadap para pemenang Kurniadi yang juga lulusan IPDN tersebut mengungkapkan perihal tugas berat Duta Pramuka yakni harus bisa menjadi role model dari pramuka penegak dan pandega yang ada di wilayah kab. Karanganyar. Selain itu harus bisa membantu tugas pembinaan pramuka penegak pandega melalui dewan kerja cabang.