Antisipasi Pemudik, Polres Karanganyar Dirikan Check Point di Gunung Lawu Tawangmangu

Personel Polres Karanganyar memeriksa kendaraan yang melintas di Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang Tawangmangu. (Suroto Bre/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KARANGANYAR-Polres Karanganyar mendirikan check point di daerah perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur, via Gunung Lawu. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lolosnya para pemudik masuk ke wilayah Jawa Tengah dengan memanfaatkan jalur Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengatakan penempatan personil langsung dilakukan di titik perbatasan dengan provinsi Jawa Timur tersebut. Sesuai dengan instruksi pemerintah pusat selama masa pandemi Covid-19 ini, check point yang didirikan ini untuk mengantisipasi pemudik yang nekat pulang kampung melalui jalur ini.

Termasuk mereka yang berdalih hanya sekedar ingin piknik di pegunungan yang memisahkan dua provinsi ini pun diminta untuk putar balik.

“Kita fokus di Tawangmangu yang arah Sarangan masuk ke Karanganyar (Cemoro Kandang). Itu kita lakukan pengecekan dulu,. Hanya angkutan barang pastinya boleh lewat,pastinya setelah melalui pemeriksaan,” jelas Leganek, Senin (27/4/2020).

Menurut Leganek, check point ini sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Senada, Kasatlantas Karanganyar AKP Dewi Endah Utami menambahkan lokasi check point yang ada di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berada di Cemoro Kandang akan dijaga petugas dari Polres Karanganyar. Penjagaan dilakukan selama 24 jam.

“Penjagaan dilakukan oleh personil Polri dari Polres Karanganyar dan dilakukan selama 24 jam,” terangnya.

Selain mendirikan Check point’ di daerah perbatasan, Polres Karanganyar juga menyiagakan titik pospam pantau yang ada di lokasi exit tol.