Dukuh Munggur Desa Kembangsari Kecamatan Musuk Boyolali Masuk Lomba TMKK Jateng

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung menyampaikan sambutan di program TMKK di Desa Kembangsari, Kecamatan Musuk, Selasa 17 September 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Dengan upaya meningkatkan pelayanan peserta Keluarga Berencana (KB) di wilayah Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengadakan lomba pelayanan KB dalam rangka TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK). Dukuh Munggur, Desa Kembangsari; Kecamatan Musuk yang berada di wilayah Kodim 0724/Boyolali mengikuti lomba pelayanan KB dalam rangka TNI Manunggal KB kesehatan (TMMK) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Selain sebagai upaya meningkatkan Metode Kontasepsi Jangka Panjang (MKJP), Kabupaten Boyolali akan bersaing dengan lima kabupaten lainnya dalam pelayanan KB. Yakni Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Kebumen.

Ketua tim penilai, Letkol Inf May Artantyo menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai tolak ukur pemerintah daerah dan TNI/Polri untuk saling bekerja sama. Dengan maksud agar dapat mendongkrak dan memotivasi masyarakat untuk mengikuti program KB.

“Penyelenggaraan TMKK ini sebagai tolak ukur pemerintah daerah dan kodim bersama instansi OPD yang lain, untuk saling bekerja sama agar dapat mendongkrak dan memotivasi masyarakatnya untuk ikut serta dalam program ber KB,” ujarnya.

Terdapat beberapa kriteria akan dilihat dan dinilai. Antara lain adanya data pendukung mulai dari persiapan hingga pelaksanaan pelayanan KB. Selain itu penilaian terhadap jumlah akseptor KB, tertib administrasi, kebersihan peralatan dan tempat serta ada penilaian lainnya.

Sementara Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. Pihaknya juga akan memberikan pembinaan seandainya Dukuh Munggur; Desa Kembangsari; Kecamatan Musuk mendapatkan juara.

“Kami selaku pemkab kabupaten Boyolali mendukung penuh kegiatan ini. Dan siap seandainya dukuh ini dijadikan juara,siap untuk diadakan pembinaan” tegasnya.