Perlancar Arus Lalu Lintas, Jalan Bangak-Pengging Boyolali Bakal Dilebarkan

Jalan Bangak-Pengging Banydono, Boyolali bakal dilebarkan. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Jalur alternatif Bangak- Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali bakal dilebarkan. Diharapkan, pelebaran jalan mendongkrak kelancaran arus lalu lintas.

“Iya, saya sudah dapat informasi, jalan tersebut bakal dilebarkan,” ujar Kadus 3 Desa Jembungan Puji Wiyoto, Minggu 16 Juni 2019.

Jalan tersebut melintasi dua desa yaitu, Desa Kuwiran dan Desa Jembungan. Jalan melalui perkampungan dan areal pesawahan. Hanya saja, saat ini kondisi jalan beraspal hotmix tersebut dinilai terlalu sempit.

“Untuk berpapasan dua mobil tidak cukup. Salah satu mobil harus mengalah turun ke bahu jalan.”

Sebagai jalan alternatif, lanjut Puji, ruas tersebut selalu ramai dilalui kendaraan setiap hari. Selain anak sekolah, juga dilalui para pekerja pabrik dan masyarakat yang akan bekerja ke sawah.

Jalur itu juga menjadi penghubung antar desa di wilayah Kecamatan Banyudono dan Sawit. Bahkan, juga penghubung ke Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Sebagian warga memilih jalan alternatif itu karena menghindari keramaian jalan raya Boyolali- Solo.

“Apalagi dengan rencana pemindahan pedagang Pasar Pengging ke Pasar Pipo yang bersebelahan dengan Desa Jembungan, jalan alnternatif ini diprediksi bakal semakin ramai kendaraan.”

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Boyolali, Arif Gunarto membenarkan rencana tersebut. “Memang akan dilebarkan, namun detailnya saya tidak hapal. Nanti saya cek dulu datanya di kantor.”

Rencana pelebaran jalan alternatif Bangak- Pengging juga mendapat sambutan positif masyarakat. Seperti diungkapkan, Tatik (52) warga Desa Jembungan yang setiap hari melintas jalan itu ke tempat kerjanya.

Dia menilai, kondisi jalan saat ini terlalu sempit dan mendesak untuk dilebarkan. Jalan selalu ramai kendaraan baik sepeda, motor dan mobil. Jika mobil berpapasan, maka mobil harus turun ke bahu jalan.

“Jadi pelebaran memang sudah sangat mendesak. Syukur nanti juga dipasang lampu penerangan jalan umum (PJU).”