18 Peserta Duta Seni 2019 Terpilih Jalani Pelatihan Dasar

Pengarahan peserta Duta Seni Boyolali 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Sebanyak 18 peserta telah terpilih sebagai Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali tahun 2019. Peserta tersebut terdiri dari 16 siswa pelajar dan 2 orang dari finalis Mas Mbak Duta Wisata Boyolali. Siswa dari SMA N 1 Boyolali dan SMA N 3 Boyolali masing-masing terpilih tiga orang. Kemudian dua siswa dari SMA N 1 Simo.

Sementara itu, masing masing satu orang dari SMK N 1 Mojosongo, SMK Pelita Bangsa, SMA N 1 Ngemplak, SMA N 1 Kemusu, SMA N 2 Boyolali, SMK N 1 Sawit, SMA N 1 Klego, dan SMA N 1 Wonosegoro, serta dua orang dari Duta Wisata Boyolali.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto, menjelaskan sebelumnya mereka harus mengikuti tahapan Latihan Dasar (Latsar) yang digelar selama tiga hari dari Selasa – Kamis (19-21/3) di Kawasan Wisata Selo. Sebelum melawat yang diwacanakan pada minggu pertama atau kedua Agustus, mereka akan mengenalkan budaya Kabupaten Boyolali ke luar negeri.

“Kita rencanakan bahwa tahun ini anak-anak akan kita kirimkan ke negara Eropa yang sekarang posisi dalam tahap penjajakan. Sementara satu negara sudah pasti Cekoslovakia, dan negara sekitarnya kemungkinanan adalah Jerman, Belanda dan Perancis,” ungkapnya seusai pembukaan latsar di Museum R. Hamong Wardoyo, Selasa (19/3).

Bulan Agustus dipilih karena ingin mengambil momentum bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia agar bisa mengikuti upacara di kantor keduataan besar negara yang disinggahi. Sehingga diharapkan peserta bisa semakin bangga dengan tradisi yang ada di Kabupaten Boyolali dan juga Indonesia secara luas.

“Baik berbagai hal maupun