Mangsa Ayam di Kampung Belakan Siswodipuran Boyolali, Ular Piton Ditangkap Warga

Seorang warga Kampung Belakan, Siswodipuran, Boyolali mengamankan ular piton Sabtu 9 Februari 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Ular Phyton berukuran besar berhasil ditangkap warga Kampung Belakan, Kelurahan Siswodipuran, Boyolali Kota. Saat ditangkap, ular itu sedang memangsa ternak ayam milik warga.

Ular tersebut memiliki panjang tiga meter dan lingkar badan bagian tengah sekitar 40 cm. Fajar Widodo (48), mengatakan, dirinya melihat ular tersebut sekitar pukul 20.30 WIB Jumat (8/2). Bermula saat dia mendengar suara gaduh di kadang ayam miliknya. Ayam ternaknya berkokok.

“Ada suara ‘keok-keok’ gitu, terus saya cek. Saya curiga, ayam saya dimakan ular. Ternyata benar, ada ular di kandang. Ularnya sudah diatas kandang, tetapi ayamnya sudah lepas dari gigitan ular itu,” katanya kepada wartawan Sabtu 9 Februari 2019.

Dia kemudian memanggil kedua anaknya untuk membantu menangkap ular tersebut. Menurut Widodo, penangkapan ular ini cukup sulit karena ular berusaha melawan. Selain itu, tenanganya juga cukup kuat.

Ular tersebut tersebut terus berontak. Namun dengan berbagai cara, akhirnya ular tersebut berhasil ditangkap. Saat ini ular itu masih dipeliharanya dan dimasukkan ke karung. Dia juga belum ada rencana ular itu akan diapakan.

“Kalau ada yang mau membeli, silahkan,” imbuh Widodo.

Dikemukakan dia, sekitar satu bulan lalu ayamnya juga ada yang hilang. Widodo menduga, ayam tersebut juga dimangsa ular ini.

Di kampung yang berlokasi di belakang rumah dinas Bupati Boyolali itu, sering ada ular yang berhasil ditangkap warga. Sejumlah warga pun menduga ular-ular itu berada di sungai Brajan, yang mungkin menjadi habitatnya.

Salah seorang warga setempat, Bambang, mengungkapkan sekitar dua bulan lalu, seekor ular juga ditemukan penduduk setempat. Ular itu sepanjang sekitar 3 meter dengan badan lebih ramping dibandingkan ular yang baru ditemukan.