Kejuaraan Silat Antar Rayon yang Digelar PSHT Ranting Ampel Boyolali Diikuti Ratusan Peserta

Peserta antusias mengikuti kejuaraan silat PSHT Ranting Ampel, Boyolali. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Beragam cara untuk menjaring atlet pencak silat berbakat. Termasuk digelar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Ampel Boyolali dengan menggelar pertandingan antar rayon desa. Menurut ketua Ranting Ampel, Jarwanto kegiatan tersebut digelar selama tiga hari, dari Sabtu (12/01) hingga Senin (14/01) dan direncanakan menjadi agenda tahunan.

“Di acara perdana ini sudah diikuti 210 peserta yang berasal dari 11 rayon di wilayah Ampel,” kata Jarwanto usai pembukaan pertandingan yang berlangsung di Balai desa Ngadirojo Ampel, Sabtu 12 Januari 2019.

Sementara diseputar arena, tepuk tangan dan teriakan tanda dukungan kepada peserta riuh terdengar. Apalagi dukungan datang dari seluruh penjuru Boyolali dan sekitarnya. kendati suasana cukup heboh, namun tetap tertib.

Dijelaskan sejumlah kelas akan dipertandingan, diantaranya untuk usia dini (usia 10 sampai 12 tahun); pra remaja (usia di atas 12 sampai 14 tahun); remaja (usia di atas 14 sampai 17 tahun); dewasa (usia di atas 17 sampai 30 tahun); kategori seni (usia dini, pra remaja, remaja, dewasa) untuk tunggal (putra/putri); ganda (putra/putri).

“ Turnamen ini kami agendakan setiap tahun digelar,” imbuh Jarwanto

Dia mengaku, dengan pertandingan itu merupakan langkah mencari bibit-bibit muda untuk turnamen lebih tinggi, seperti di tingkat Jawa Tengah hingga nasional. Jika memang nanti sudah ada juara di masing-masing kategori, tentu akan dibina lebih serius lagi untuk bisa bertarung di level lebih tinggi.

“Ada hadiah dan tropi dari panitia untuk setiap pemenang,”jelas Jarwanto yang juga Kepala Desa Ngargaloka Ampel itu.

Dia menambahkan, tujuan lain pertandingan tersebut adalah untuk mempererat tali persaudaraan antara sedulur PSHT. Dengan saling bertemu dari seluruh kecamatan anggota PSHT akan lebih akrab dan mudah koordinasi. “Mudah-mudahan lancar,” harapnya.

Di tempat sama, Ketua Cabang PSHT Boyolali, Khomarudin memberikan apresiasi dengan kegiatan PSHT Cup I. Mengingat kegitan tersebut selain mempererat persaudaraan, juga mampu menumbuhkan rasa kompetisi lebih fair.

“Atlet-atlet berbakat tentu bisa terjaring dari event semacam ini. Artinya tidak salah jika digelar setiap tahun,” katanya.

Khomarudin berharap dengan banyak silaturahmi, para anggota akan selalu kompak dalam berbagai acara dan saling membantu.