Warga Sukorejo Masih Bingung tentang BPJS, Ini Soluasi yang Dilakukan Kodim Sragen

Kodim Sragen bekerjasama dengan BPJS menggelar sosialisasi manfaat BPJS bagi masyarakat Selasa 6 November 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Sehat merupakan sebuah anugrah paling penting yang dimiliki oleh semua mahluk hidup yang diberikan oleh Allah SWT. Kesehatan dapat didapatkan dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat, Dalam kehidupan ada sehat pasti juga ada sakit, adapun ketika merasakan keadaan sakit sesegeralah harus diobati dan dicegah agar tidak semakin memburuk.

BPJS adalah program dari pemerintah yang tercipta mulai tahun 2014 untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. BPJS merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dimana BPJS adalah badan hukum dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Sasaran utama peserta BPJS adalah seluruh warga negara Indonesia, di mana sekarang setiap warga negara diwajibkan menjadi peserta BPJS.

Penduduk di wilayah Kecamatan Sambirejo, Sragen sebagian besar sudah mengenal BPJS secara umum. Akan tetapi ada sebagian penduduknya yang tidak mengerti apa itu BPJS. Banyak penduduk yang mengenal tetapi enggan menjadi peserta BPJS. Banyak faktor yang membuat penduduk enggan menjadi peserta BPJS. Salah satunya ketidaktahuan warga akan seberapa penting dan banyaknya manfaat dari BPJS ini sendiri.

Melihat masalah tersebut, Kodim 0725/Sragen selaku penyelenggara TMMD Reguler ke-103 di Desa Sukorejo bekerja sama dengan pihak BPJS memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Yakni berupa sosialisasi kepada warga masyarakat Desa Sukorejo, antusias warga sangat senang dan banyak yang menghadiri giat tersebut.

Kapten Inf Warisman Danramil 06/Gondang sebagai koordinator Sosialisasi menyampaikan, betapa pentingnya mengerti dan menjadi anggota BPJS. “Karena BPJS adalah dewa penolong bagi warga masyarakat,” ujar Kapten Inf. Warisman.

Pegawai BPJS Kabupaten Sragen Yusuf mensosialisasikan kembali program dari pemerintah agar penduduk setempat semakin memahami dan mulai tumbuh kesadaran menjadi peserta BPJS. Di mana manfaatnya sangat membantu penduduk sekitar agar mendapatkan pelayanan dan mempermudah pembayaran dalam layanan kesehatan.