Puluhan Warga di Kalijambe Sragen Keracunan Masal, Diduga Penyebabnya Ini

Polisi mengecek korban keracunan masal di Puskesmas Kalijambe, Sragen, Senin 27 Agustus 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – SRAGEN – Puluhan warga Dukuh Kalioso RT 04, Desa Jetiskarangpung, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, merasakan sakit perut, mual, diare dan panas dingin disertai pusing Senin pagi 27 Agustus 2018. Mereka diduga mengalami keracunan makanan.

Sumber keracunan ini diduga dari makanan yang disantap usai jalan sehat memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 Minggu 26 Agustus 2018. Menu makan pagi yang disantap yakni nasi gudangan, buah semangka, dan teh hangat.

Kegiatan gerak jalan sehat yang digelar Ikatan Muda-Mudi Kalioso (IMMK) ini diikuti sekitar 250 warga. Pada keesokan harinya, mereka baru merasakan sakit perut, mual muntah, diare panas dan disertai pusing.

Sebanyak 23 korban keracunan memeriksakan diri ke Puskesamas Kalijambe dan RSUD Gemolong. Sebanyak tujuh orang menjalani rawat inap, sedangkan sekitar 29 orang rawat jalan. Lantas 32 orang menjalani pemeriksaan oleh bidan puskesmas di rumah warga.

Kasubag Humas Polres Sragen AKP Muryati mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menjelaskan, meski banyak yang mendapatkan perawatan, namun kejadian ini tidak sampai memakan korban jiwa.

“Anggota sudah mendatangi TKP minta keterangan saksi dan mencari barang bukti berupa makanan sisa nasi dan gudangan. Selain itu juga sayur mentah sisa gudangan dan air. Kasus ini masih dalam penyelidikan,” jelasnya.