Duuuhhh…. Puluhan Bacaleg di Karanganyar Jawa Tengah Kandas Masuk Arena Pesta Demokrasi

Kegiatan persetujuan rancangan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Karanganyar, Jumat 10 Agustus 2018. (Suroto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KARANGANYAR – Puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) Kabupaten Karanganyar kandas memasuki arena pesta demokrasi. Hal ini lantaran para bacaleg ini dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) untuk mengikuti Pileg 2019.

Sedikitnya ada tiga alasan yang menjadi dasar mengapa mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat. Pertama, menurut Komisioner KPU Kabupaten Karanganyar Divisi Teknis, Muhammad Maksum, beberapa tidak melengkapi dokumen persyaratan.

Kedua, terkait daerah pemilihan (dapil). Dan terakhir, bacaleg yang bersangkutan mengundurkan diri. “TMS karena dapil ini, maksudnya, para bacaleg sebenarnya memenuhi syarat. Tapi partai pengusung tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan 30 persen,” jelasnya di sela kegiatan persetujuan rancangan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Karanganyar, Jumat 10 Agustus 2018.

Partai bisa menyiasatinya dengan merotasi atau menarik bacaleg mereka supaya memenuhi kuota 30 persen perempuan dalam satu dapil. Dari 43 orang TMS, sebanyak 25 bacaleg dilaporkan mengundurkan diri, 12 bacaleg dilaporkan tidak bisa memperbaiki dokumen, dan 6 bacaleg dilaporkan karena daerah pemilihan (dapil).

Dengan begitu, total bacaleg yang dinyatakan memenuhi syarat, sampai Jumat (10/8/2018), sebanyak 443 orang, dari awal pendaftaran sebanyak 486 bacaleg. Pengumuman DCS akan disampaikan KPU ke publik pada tanggal 12-14 Agustus 2018.

Sebelum sampai pada pengumuman DCS, sejumlah pimpinan atau perwakilan parpol menandatangai berkasa persetujuan rancangan DCS anggota DPRD Kabupaten Karanganyar. “Persetujuan rancangan Daftar Calon Sementara (DCS) ini akan dipakai sebagai dasar dalam mengumumkan DCS,” terang Maksum.

Adapun isi dalam berkas rancangan di antaranya, daftar bacaleg di setiap dapil, foto, nama dan alamat bacaleg.