Perayaan Nyepi di Kecamatan Musuk Boyolali Bakal Dimeriahkan Patung Ogoh-Ogoh

Pembuatan patung ogoh-ogoh untuk perayaan Nyepi di Desa Karanganyar, Kecamatan Musuk, Boyolali, Selasa 13 Maret 2018. (Dok. Diskominfo Boyolali/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Perayaan Nyepi di Kecamatan Musuk, Boyolali, bakal meriah. Sebab, pihak panitia membikin patung ogoh-ogoh yang nantinya akan diarak. Pada perayaan Nyepi nanti, di Kecamatan Musuk bakal diikuti umat Hindu sekitar 200 orang.

Pembuatan patung ogoh-ogoh ini dilakukan di kompleks Pura Bhuwana Puja. Ada dua patung raksasa yang ukurannya sekitar 3,5 meter. Patung tersebut menggambarkan kepala naga berbadan manusia dan satu lagi wanita raksasa.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Musuk Sunarto menjelaskan, patung ogoh-ogoh ini akan diarak keliling Desa Karanganyar dan wilayah Musuk. “Kami akan meletakan sesaji di perempatan jalan desa sebagai simbol ketenteraman dan keselaman bumi,” jelasnya ketika ditemui wartawan Selasa 13 Maret 2018.

Pada Jumat sore 16 Maret 2018, bakal digelar upacara Mecaru di lapangan desa setempat. Lantas puncak ritual yakni pembakaran dua patung ogoh-ogoh yang melambangkan pemusnahan angkara murka pada diri manusia dan lingkungan alam.

Pembakaran ogoh-ogoh ini satu-satunya perayaan di Boyolali. Pada kesempatan ini nanti juga melibatkan penganut agama lain. Yakni ikut membantu kelancaran kegiatan dan saling hormat-menghormati antar pemeluk agama.