UNS Solo Lepas 1.889 Peserta KKN Periode Januari-Februari 2018. Ini Penempatannya…

Pelepasan peserta KKN di Kampus UNS Kentingan, Solo, Selasa 9 Januari 2018. (Dok. Humas UNS Solo/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SOLO-Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.889 mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) periode Januari-Februari 2018 di halaman Gedung dr Prakosa UNS Kentingan, Surakarta, Selasa 9 Januari 2018. Pelepasan dilakukan oleh Wakil Rektor 1 Prof Sutarno.

Dalam sambutannya oleh Wakil Rektor 1 Prof Sutarno menegaskan, kegiatan KKN sebagai mata kuliah wajib dan mahasiswa juga mendukung tujuan UNS selama ini dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) harus selalu menjaga nama baik Universitas ditempat yang dituju. Menjalin sinergitas antara kampus dengan masyarakat, dijadikan wahana sebagai media pembelajaran mahasiswa dengan masyarakat bisa menjadi lebih dekat menjadi tujuan Universitas.

“Melalui Unit Pengelola kuliah kerja nyata (KKN) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat,” terangnya. Peserta Kuliah Kerja Nyata tersebar di 16 Kabupaten di Jawa Tengah, 7 Kabupaten di Jawa Timur, 1 Kabupaten di DIY, 4 kabupaten di Jawa Barat, 15 Kabupaten di Luar Jawa dan 1 kota di Negara Malaysia. Semua mencakup 168 Desa di Jawa,  17 Desa di Luar Jawa dan 1 lokasi di Luar Negeri yaitu Sabah Malaysia.

“Jumlah total lokasi yang digunakan adalah 186 desa, 51 Kecamatan, 42 Kabupaten/Kota dan 15 Provinsi. Pada periode ini, UNS memberangkatkan 1889 mahasiswa dengan jumlah Dosen Pembimbing Lapangan sebanyak 89 orang. Jumlah mahasiswa yang KKN di Pulau Jawa sebanyak 1544 mahasiswa, Luar Pulau Jawa 327 mahasiswa dan Luar Negeri sebanyak 18 mahasiswa”, ujar Kepala UPKKN LPPM UNS Dr. Sc. Agr. Rahayu, S.P., M.P.
Pada Periode ini Expo KKN direncanakan di Umbul Jalatunda Klaten yang akan didukung oleh seluruh KKN Kabupaten Klaten, Pemerintah daerah dan pimpinan UNS. Umbul Jalatunda memiliki potensi wisata yang sangat besar, sehingga sentuhan KKN dari UNS yang sinergi dengan pemerintah daerah serta pemerintah desa, diharapkan dapat menciptakan hasil dari potensi besar Umbul Jalatunda ini menjadi pusat wisata yang ramai dan besar,” imbuh Rahayu.
Untuk di Luar Jawa pada bulan April KKN UNS akan mengikuti Bangka Expo, yang menampilkan hasil-hasil KKN UNS di Pulau Bangka – Belitung selama periode 2014 – 2017, sebagai ajang pengenalan UNS dan peran KKN bagi masyarakat Bangka.