Tiga Event Tahun 2018 di Klaten Bakal Dianggarkan Rp 1 Miliar

Penyerahan penghargaan bagi seniman dari Ketum Dewan Kesenian Klaten Sunarna, Selasa 21 November 2017. (Joko Larsono/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KLATEN-Tiga kegiatan pada 2018 meliputi ”Klaten Pesta Beksan”, ”Klaten Etnomusic Soundfest”, dan ”Dewan Kesenian (Wankes) Award”. Dewan Kesenian menyiapkan tiga kegiatan besar tahun depan. Total anggaran untuk menggelar ketiga kegiatan tersebut mencapai Rp 1 miliar.

Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten FX Setyawan mengatakan, anggaran penyelenggaraan tiga kegiatan besar 2018 bersumber dari hibah Pemkab Klaten. Dewan Kesenian dipastikan menerima hibah setelah berstatus badan hukum dan terdaftar di Kemenkum HAM.

”Tiga kegiatan tadi kami siapkan Rp 1 miliar. Tahun 2018 sudah hibah. Harapan kami bisa mendongkrak kesenian Klaten karena potensi cukup luar biasa. Dari hasil pendataan kelompok ketoprak sekitar 80, kelompok karawitan lebih dari 300,” katanya, Selasa 21 November 2017.

Ketua Umum Dewan Kesenian Klaten Sunarna mengatakan,pesta Beksan bakal melibatkan ratusan penari dengan acara puncak drama tari kolosal Mahabarata. Sedangkan Etnomusic Soundfest untuk mewadahi seniman dan musisi alat musik tradisional.

”Wankes Award baru pertama kali digelar, ya tahun depan nanti. Apresiasi bagi insan yang berdedikasi dan berjasa bagi pelestarian pengembangan seni budaya. Sekaligus Deklarasi Klaten Kota Ketoprak,” ungkap Sunarna.

Tiga kegiatan besar nanti sekaligus menjadi ajang promosi pemkab untuk mengenalkan wisata candi di Klaten semisal Candi Sewu, Candi Sojiwan, Candi Plaosan, dan Candi Merak. Replika candi-candi tersebut akan menghiasi tata layout panggung untuk Pesta Beksan, Etnomusic Soundfest, dan Wankes Award.