BPN Klaten Ajak Masyarakat Sukseskan Program Agraria

Kepala BPN Klaten Sudjarno (Joko Larsono/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KLATEN – Bertepatan dengan Hari Agraria Nasional (HAN) ke-57, Badan Pertahanan Nasional (BPN) Klaten mengajak kepada lapisan masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menyukseskan berbagai program strategis. Terutama di bidang agraria atau pertanahan dan penataan ruang yang berkualitas.

Kepala BPN Klaten Sudjarno menyampaikan,dalam Hari Agraria Nasional tahun ini (2017) mengusung tema ”Sertifikasi Tanah dan Penataan Ruang untuk Kesejahteraan Rakyat”. Tema tersebut mengandung maksud agar semua pihak mulai dari Kementerian  ATR/BPN, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota, para stakeholder ikut menyukseskan program strategis nasional agraria.

”Hari Agraria Nasional kali ini BPN Klaten menyelenggarakan beberapa bakti sosial (baksos) seperti, donor darah dan penyantunan anak ke panti jompo. Selain itu juga meningkatan pelayanan,” kata dia kepada wartawan, Senin 25 September 2017 siang.

Disinggung terkait Proyek Operasional Agraria Nasional (Prona) dia mengatakan, ada beberapa kendala yang menyebabkan keterlambatan pada proyek prona tersebut. Di antaranya dalam pembuatan berkas saat yang akan diajukan ke kantor BPN. Keterlambatan pengajuan pada berkas.Misalnya,pada saat mengumpulkan para ahli waris dan pembuatan syarat syarat dalam berkas itu.

”Program prona tahun ini sekitar 85 persen. Sekarang penyelesaian tanah masyarakat dulu,pada 2018 nanti tahap penyelesaian pada aset desa.Karena aset desa juga banyak yang belum bersertifikat,” katanya.