50 Bus Gratis Angkut 2.500 Pemudik ke Perantauan

Pelepasan arus balik di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali. | Yulianto (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI – Sekitar 2.500 warga yang mudik Lebaran 2017 diberangkatkan ke perantauan menggunakan 50 bus. Upacara pemberangkatan dipimpin Kapolda Jawa Tengah Irjenpol Condro Kirono dan Direktur Utama (Dirut) Jasa Raharja, Budi Setiyarso di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Sabtu 2 Juli 2017. Tujuan akhir para pemudik ini di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

Program ini bertujuan mengurangi jumlah pemudik yang mengendarai sepeda motor, dengan harapan mengurangi risiko angka kecelakaan lalu lintas. ”Ini bertujuan mengurangi pemudik yang mengendarai sepeda motor dengan harapan dapat mengurangi risiko angka kecelakaan lalu lintas,” ujar Budi seperti disampaikan pejabat Humas Jasa Raharja Muchtar Wahyudi.

Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi menjelaskan, kapolda dan jajarannya  mendoakan agar para pemudik selamat sampai tujuan dan dapat melanjutkan aktivitas mereka di tempatnya.

Selain itu, Kapolda juga berpesan kepada para pengemudi agar berhati-hati dalam mengemudi.

Kepada penumpang Kapolda berpesan agar saling mengingatkan antara pengemudi dan penumpang. ”Penumpang jangan segan-segan untuk mengingatkan pengemudi seandainya lajunya terlalu cepat atau membahayakan,” papar kapolres.

Dikatakan, Polri sangat mendukung program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah dengan dukungan BUMN ini. ”Seperti perintah presiden Jokowi, tahun ini jumlah pemudik gratis secara nasional sebanyak 200 ribu pemudik.  Diharapkan target program serupa dengan sasaran 300.000 pemudik tahun depan secara nasional dapat tercapai,” katanya. (nto)