Polisi Dalami Kasus Pencurian Uang Milik Mbah Yatimah

AKP Sriyono : Sampai saat ini sudah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi 4 orang dari lingkungan sekitar, (yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI- Polres Boyolali turun tangan melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan pencurian yang menimpa Mbah Yatimah (80). Nenek sebatang kara ini kehilangan uang tabungannya sebanyak Rp 6.650.000. Diduga uang tersebut dicuri oleh 2 pemuda yang berkunjung ke rumahnya.
“Untuk dugaan pencurian ini sudah ditangani oleh Polsek Karanggede,” kata Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin, pada Rabu (9/3/2022).
Kasus dugaan pencurian itu kini masih dalam penyelidikan dan pendalaman. Polsek Karanggede sudah menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan korban.
“Hari ini di jadwalkan klarifikasi terhadap korban di Mapolsek Karanggede,” jelas Asep.
Sementara, Kapolsek Karanggede, Akp Sriyono, saat ditemui di rumah Mbah Yatimah, di Dukuh/Desa Bangkok, Kecamatan Karanggede, mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus dugaan pencurian uang tabungan milik Mbah Yatimah (80). Sejauh ini 4 orang saksi sudah diperiksa penyidik.
“Kami dari Polsek Karanggede, begitu ada informasi yang bereda di media sosial, dari Unit Reskrim langsung melakukan penyelidikan ke TKP,” katanya.
Dijelaskan,  begitu ada informasi kejadian dugaan pencurian yang dialami nenek sebatang kara itu, pihaknya langsung menerjunkan Unit Reskrim untuk mengecek ke rumah korban. Selain itu untuk melakukan olah TKP dan melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelakunya.
“Sampai saat ini sudah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi 4 orang dari lingkungan sekitar,” katanya.
Namun, minimnya saksi yang mengetahui kedatangan kedua pria yang datang ke rumah korban yang diduga merupakan pelakunya menjadi kendala dalam pengungkapan. Ciri-ciri pelaku juga belum diketahui secara gamblang karena mereka mengenakan masker dan memakai jaket.
“Ini minimnya saksi yang bisa menyebutkan ciri-ciri para pelaku, Karena bermasker dan memakai jaket,” imbuh dia.
Diberitakan sebelumnya, seorang nenek, Yatimah (80) yang hidup sebatang kara di Boyolali diduga menjadi korban kejahatan. Uangnya Rp 6 juta lebih hilang setelah sebelumnya kedatangan tamu dua orang pemuda.
“Tadi ada dua orang laki-laki kesini (bertamu ke rumah Yatimah), masih muda,” kata Suryati, keponakannya kepada wartawan di rumahnya Mbah Yatimah, Desa Bangkok.
Kedua pria itu datang sekitar pukul 13.00 WIB siang kemarin dan langsung masuk rumah dan menemui Mbah Yatimah di kamar tidurnya. Kedua pria itu duduk di tempat tidur mengapit Mbah Yatimah, sembari menyerahkan sebungkus roti.
“Ngakunya dari Simo,” jelas Mbah Yatimah menimpali.
Saat kedua laki-laki itu bertamu, hanya ditemui Mbah Yatimah sendirian. Setelah itu, keduanya pamit pulang.
Setelah tamu tak diundang itu pergi, Mbah Yatimah pun membuka sarung bantalnya. Alangkah terkejutnya dia, mengetahui uang tunai Rp 6.650.000 itu telah hilang. Spontan Mbah Yatimah teriak histeris memanggil ponakannya tersebut.