Kelompok Petani di Jumapolo Terima Bantuan Mesin Panen Combine Harvester

Anggota Komisi II DPRRI, Paryono turun ke sawah di Desa Jati-Jaten-Karanganyar menyerahkan sejumlah bantuan mesin panen berupa combine harvester atau yang populer disebut combi kepada dua kelompok tani di Kecamatan Jaten, Jumapolo (Suroto/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – KARANGANYAR – Anggota Komisi II DPRRI, Paryono turun ke sawah di Desa Jati-Jaten-Karanganyar menyerahkan sejumlah bantuan mesin panen berupa combine harvester atau yang populer disebut combi kepada dua kelompok tani di Kecamatan Jaten, Jumapolo.

Selain itu politisi PDIP ini juga memberikan semangat pada petani tentang kemajuan teknologi yang mana sebagai suatu keharusan dan tantangan yang harus dihadapi agar petani bisa sukses.

Paryono juga memberikan ketrampilan khusus pada para petani tentang kiat dan trik memperoleh anggaran dari pusat yang jumlahnya banyak dan jarang terserap kebawah.

“Sebenarnya Komisi II DPRRI tidak membidangi pertanian, namun usai rapat di DPR saya ketemu Pak Menteri Pertanian lalu saya loby minta bantuan untuk petani di Karanganyar dan Alhamdullilah disetujui,” ujarnya.

Menurut Paryono, Menteri Pertanian mengizinkan karena untuk kemajuan pertanian. Apalagi lanjutnya, masih ada alokasi bantuan yang belum tersalur.

Untuk itu Pria yang juga mantan Wakil Bupati Karanganyar tersebut meminta kepada petani atau kelompok tani untuk pro aktif berusaha mengakses bantuan dari menteri pertanian karena masih banyak bantuan lainnya. “Jangan segan-segan mengakses bantuan kepusat karena disana banyak sekali bantuan. Asal petani berusaha maka mungkin saja bantuan bisa tersalur kebawah,” ungkapnya.

Sementara Kades Jati Haryanta mengapresiasi bantuan combi tersebut pasalnya 60 % dari 162 Ha sawah di wilayahnya memasuki panen.

“Dengan bantuan mesin combi ini banyak hikmah selain irit biaya dan cepat prosesnya juga mendorong peralihan mindset petani dari tradisional ke model digitalisasi,” ujarnya.