Nahlooo… Dua Pencuri Kambing Nggak Nyadar Terekam CCTV di Desa Senting Sambi Boyolali

Seorang warga menunjukkan rekaman CCTV yang merekam aksi pencurian kambing di Desa Senting, Kecamatan Sambi, Boyolali. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Aksi dua orang pria melakukan pencurian kambing di Dukuh Senting, Desa Senting, Kecamatan Sambi, Boyolali, terekam kamera pengawas CCTV.

Dalam rekaman CCTV yang berlangsung tak lebih dari dua menit itu, kedua pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor berhasil mencuri seekor kambing yang digembala di pinggir jalan kampung. Sementara pemilik kambing, Pandiyanto (35 )warga setempat, baru mengetahui seekor kambingnya telah hilang pada sore hari. Saat hendak dibawa pulang untuk diberi makan, dari tujuh ekor kambing ternyata berkurang satu ekor.

“Siang itu kan (cuaca) panas, terus kambing saya jemur disini. Sorenya mau dikasih makan kok tiba-tiba nggak ada satu,” kata Pandiyanto kepada para wartawan di rumahnya, Selasa (14/1/2020). Kasus pencurian hewan ternak itu terjadi pada Senin (13/1/2020) siang. Korban menjemur tujuh ekor kambingnya di jalan kampung dekat rumahnya.
Menyadari seekor kambingnya raib, Pandiyanto selanjutnya berupaya mencari dan menanyakan ke rumah para tetangga. Tetapi kambingnya tidak ditemukan.

Kemudian dia mendapat kabar di kios kelontong milik Warti dipasang kamera CCTV. Pandiyanto akhirnya mendatangi kios kelontong milik tetangganya itu, untuk menanyakan kemungkinan kambingnya yang hilang terekam CCTV.

“Di tempat Mbak Warti sini itu malah ada CCTV. Dibuka baru tahu ternyata kambingnya diambil orang. Sudah saya laporkan ke Polisi,” jelasnya.

Dalam rekaman CCTV yang berlangsung singkat itu, pelaku pencurian kambing itu ada dua orang. Mereka berboncengan mengedarai sepeda motor. Satu orang memakai jaket warna hijau sebagai pengedara, dan satu orang mengenakan jaket merah sebagai eksekutornya.

Mereka berhenti di samping kios kelontong dan tepat dibawah CCTV. Mereka pun sempat mengawasi kondisi lingkungan sekitar. Setelah terlihat sepi, pelaku yang mengenakan jaket merah langsung mendekati kambing yang ada di pinggir jalan kampung Dukuh Senting.

Dengan cekatan, dia langsung menangkap kaki kambing dan dibawa ke sepeda motor. Selanjutnya kambing jantan itu dimasukkan ke karung plastik dan dibawa naik ke sepeda motor dengan posisi di boncengan tengah. Kedua pelaku langsung kabur dengan sepeda motornya yang diketahui bernomor polisi AD 3200 AYF, warna merah.

Terpisah, Kapolsek Sambi, AKP Nur Ahmad Kholis, dikonfirmasi mengatakan pencurian kambing di Dukuh Senting, Desa Senting itu terjadi pada Senin (13/1/2020) siang. Korban melapor ke Polsek Sambi sekitar pukul 20.30 WIB.
“Kambing yang dicuri satu ekor,” kata Nur Kholis kepada para wartawan.

Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung turun melakukan penyelidikan. Siang tadi sejumlah petugas Reskrim juga melakukan olah TKP di lokasi kejadian.v“Kami sedang melakukan upaya penyelidikan, karena terekam CCTV, nomor polisinya (motor pelaku) sudah diketahui, InsyaAllah segera terungkap,” pungkasnya.