PSHT Ranting Cepogo Boyolali Salurkan Air Bersih ke Warga Dusun Purwodadi Desa Kembang Kuning

Warga mengantre air bersih bantuan dari PSHT Ranting Cepogo, Boyolali, Jumat 13 September 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Puluhan warga Dusun Purwodadi, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Cepogo, Boyolali, dengan sabar bergantian menerima bantuan air bersih dari para pesilat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Cepogo Boyolali.

Air dari sejumlah truk tangki itu langsung dimasukkan ke dalam tandon, jeriken, panci dan ember yang mereka disediakan. Bantuan itu disalurkan karena warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih selama kemarau ini.

Penyaluran air bersih PSHT Ranting Cepogo Boyolali menggunakan pikap dan tandon air. (credit-Yulianto/Fokusjateng.com)

Menurut Ketua Ranting Cepogo PSHT Boyolali Usmanul Arifin, bantuan air bersih tersebut salurkan karena melihat penderitaan sebagian masyarakat yang kekurangan air bersih di puncak kemarau ini. “Kami langsung tergerak dan para sedulur PSHT Cepogo membantu secara sukarela,” katanya disela- sela pemberian bantuan, Jumat 13 September 2019.

Tidak hanya Desa Kembang Kuning, Usmanul menjelaskan, bantuan serupa juga diberikan kepada warga di kawasan rawan kekurangan air bersih di sejumlah desa terpencil wilayah Cepogo. “Total kami menyalurkan bantuan air bserih sebanyak 20 tangki,”imbuhnya.

Pihaknya berharap, bantuan tersebut bisa mengurangi beban masyarakat setempat. Mengingat, warga kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari- hari. Bagi warga yang mampu tidak masalah karena memiliki uang untuk membeli air.

“Namun bagi warga tidak mampu, mereka harus berjalan jauh ke sumber air terdekat. Itupun debit airnya semakin mengecil. Sebagai solusi, warga yang tidak mampu membeli air secara patungan untuk menghemat biaya,” katanya.

Warga Desa Kembang Kuning, Prapto berharap selama kemarau bantuan pasokan air bersin terus berjalan, baik bantuan dari Pemkab maupun dari pihak swasta, agar warga tidak kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.
“Kami harap bantuan air ini terus dikirim, agar kami bisa mendapatkan air minum. Karena selama ini kami memang kekurangan air bersih,” katanya.