Kebakaran Hutan Lereng Merbabu Meluas hingga 150 Hektare

Api masih membara di hutan lereng Gunung Merbabu dilihat dari wilayah Boyolali, Kamis malam 12 September 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Kebakaran di Gunung Merbabu semakin meluas. Hingga Jumat (13/9/2019), luasan areal yang terbakar mencapai 100-150 hektar.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti mengatakan, luasan lahan yang terbakar semula sekitar 10 hektar, namun hingga saat ini luasan yang terbakar semakin meluas ke arah puncak, yang sebagian masuk wilayah Boyolali.

“Sampai tadi malam luasan yang terbakar mencapai 100-150 hektare,” ungkap Junita.

Antisipasi pemadaman kebakaran terus dilakukan BTNGMb dengan berkoordinasi utamanya dengan BPBD sekitar Gunung Merbabu, yakni BPBD Magelang, Boyolali, dan Semarang. Selain itu BTNGMb juga berkoordinasi dengab jajaran relawan dan masyarakat sekitar untuk upaya pemadaman.

“Tadi pagi relawan dan masyarakat naik dari Ampel ke atas untuk pemadaman sampai sore hari,” terang dia.

Pihaknya berharap api dapat segera dipadamkan. Hanya saja cuaca panas dan kencangnya angin menjadi kendala, ditambah medan yang berat di lereng Gunung Merbabu.

Sementara itu, kebakaran di Gunung Merbabu membuat BTNGMb menutup semua jalur pendakian. Sedangkan puluhan pendaki yang terlanjur naik, seluruhnya sudah berhasil diturunkan dengan selamat.
“Terhitung tanggal 12 September kemarin seluruh pendaki sudah turun semua dan semua jalur pendakian ditutup,” imbuh Junita.