Truk Tronton Muatan Barang Elektronik Terguling di Jalur Lingkar Utara Boyolali, Ini Penampakannya

Petugas mengamankan lokasi truk tronton terguling di jalur lingkar utara Boyolali Kalikiring. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Sebuah truk tronton mengalami kecelakaan di jalur lingkar utara Boyolali, tepatnya di kelokan Kalikiring Alun-ALun Lor, Sabtu 9 Maret 2019. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Sopir truk tersebut Triyo Darsono (42), mengalami luka-luka. Namun, muatan ratusan unit barang elektronik sebagian besar tumpah berserakan.

“Kecelakaan tunggal, tidak ada korban jiwa. Sopirnya selamat dan mengalami luka lecet-lecet, sekarang sudah dibawa ke rumah sakit,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Boyolali, Ipda Utomo mewakili Kasatlantas AKP Febriyani Aer.

Lokasi kecelakaan tersebut, di ruas jalan profesor Soeharso tepatnya di tikungan Kalikiring, Dukuh Kalikiring, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Kejadiannya sekitar pukul 04.45 WIB tadi.

Dijelaskan, kecelakaan lalulintas tersebut bermula ketika truk tronton bernomor polisi H 1822 DH, yang dikemudikan Triyo Darsono, warga Suradadi, Purwahamba, Suradadi, Tegal itu melaju dari arah barat ke timur atau dari arah Semarang menuju ke Solo. Sesampainya di lokasi kejadian, jalan menikung ke kanan, namun truk tersebut oleng dan tak bisa dikendalikan.

Truk warna merah itu menabrak pembatas jalan serta sejumlah pohon dan akhirnya terguling di kebung kosong di sisi kiri jalan. Truk itu berhenti di jalan baru menuju Alun-alun Lor yang belum difungsikan.

Utomo mengatakan, belum bisa menyimpulkan penyebab kecelakaan tersebut. Apakah truk mengalami rem blong atau karena sopir mengantuk.

“Kami belum bisa menyimpulkan apakah karena rem blong atau sopir mengantuk atau karena penyebab lainnya. Karena sopir belum bisa kami mintai keterangan karena masih menjalani pengobatan di rumah sakit. Kami juga masih akan memintai keterangan saksi-saksi yang mengetahui kejadian ini,” kata Utomo.

Selain sopir, truk tersebut juga membawa seorang kernet. Menutut Utomo, kernet truk tersebut, juga berhasil selamat. Truk itu memuat barang elektronik antara lain berupa air cooler, AC, dan mesin cuci.

Akibat kecelakaan itu, truk mengalami ringsek di bagian depan. Muatan barang eletronik itu juga tumpah berserakan. Sebagian ada yang rusak. Oleh petugas, barang-barang itu kemudian dikumpulkan menjadi satu tempat. Selain itu, petugas juga berjaga disana untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan.

Tikungan Kalikiring di jalur lingkar utara Boyolali, jalan Prof Suharso itu memang dikenal rawan kecelakaan. Seringkali, truk terguling di tempat tersebut. Beberapa pekan lalu, tanggal 25 Febaruai 2019 lalu, truk gandeng bermuatan kapas juga terguling di tempat tersebut karena diduga mengalami rem blong.