Hadiah Kursi Roda Serma Agus Satoto Babinsa Sambon Ringankan Beban Nuri Munawaroh, Penderita Lumpuh Sejak Bayi

Babinsa Sambon Kodim Boyolali Serma Agus Satoto menyerahkan bantuan kursi roda kepada Nuri yang menderita lumpuh sejak bayi Sabtu 10 November 2018. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Prihatin dengan kondisi salah satu warga, seorang anggota Kodim 0724/Boyolali, Serma Agus Satoto yang kesehariannya menjabat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sambon Kecamatan Banyudono, memberikan sebuah kursi roda kepada Nuri Munawaroh (16) warga Dusun Sarimulyo, Desa Sambon, Banyudono yang mengalami kelumpuhan sejak bayi.

Nuri merupakan anak ke tiga dari lima bersaudara. Selain kondisi yang memprihatinkan, Kelima anak itu sudah tidak memiliki orang tua, menurut Serma Agus, karena ayahnya sudah pergi meninggalkan rumah sejak anak-anak itu masih kecil. Sedangkan ibunya sudah meninggal dunia sejak setahun lalu.

“Saat ini tinggal bersama neneknya,” kata Serma Agus, Sabtu 10 November 2018.

Agus menuturkan, saat ini untuk mencukupi kebutuhan, mereka hanya mengandalkan gaji dari anak ke dua, Andi Ardiyanto (21) yang bekerja sebagai buruh bangunan. Sementara Sukarti (70) hanya dapat menemani para cucunya di rumah sangat sederhana berukuran 5x7meter.

“Beban Andi sedikit berkurang setelah adiknya yang terkecil bernama Rahma (12) ikut pakliknya,” papar dia.

Menurut Agus, hanya Andi dan cucu ketiga Emi (18) yang dapat merasakan pendidikan sekolah kendati hanya sampai SMP, sedangkan Dian (14) dan Nuri tidak besekolah. “Ya, kalau adiknya yang paling kecil sekarang masih SD tetapi tinggal dengan Pakliknya,” tuturnya.

Sementara selain memberikan batuan kursi roda, dalam melaksanakan komunikasi sosial (komsos) yang dilakukan anggota Koramil Banyudono tersebut juga menyerahkan bantuan paket sembako.

“Keluarga Mbah Sukarti dan Nuri munawaroh yang lumpuh sejak kecil ini memang sangat membutuhkan uluran tangan kita semua,” katanya.

Serma Agus menambahkan, pelaksanaan komsos merupakan tugas rutin yang dilaksanakan jajaran Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Dengan komunikasi diharapkan dapat mempererat hubungan TNI dengan rakyat, sehingga tercipta kemanunggalan TNI dan rakyat.