Duta Amanah Indonesia Bareng Polwan Polres Sragen Berbagi Sembako di Momen Ramadan

Relawan Duta Amanah Indonesia dan Polwan Polres Sragen menggelar bakti sosial Jumat 8 Juni 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Momen Ramadan kali ini dimanfaatkan Duta Amanah Indonesia bersama Polwan Polres Sragen menggelar bakti sosial. Yakni berbagi sembako kepada masyarakat miskin di Desa Ngrombo, Katelan, dan Sigit, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen.

Dewi Novita Kurniawati, perwakilan dari Duta Amanah Indonesia mengatakan, kegiatan Jumat berkah, Jumat barokah memang sering dilakukan. “Setiap Jumat ini sudah biasa kita lakukan dengan memberikan bingkisan atau santunan kepada lansia dan warga miskin di tiap desa atau di 20 kecamatan di Kabupaten Sragen,” terang Mbak Devi, sapaan akrabnya Jumat 8 Juni 2018.

Tidak hanya itu, pihaknya bersama Polwan Polres Sragen sudah cukup lama bersama-sama memberikan santunan bagi warga kurang mampu untuk meringankan beban mereka. Selain bantuan paket sembako, pihaknya secara khusus memberikan motivasi dan konsultasi psikologi secara gratis bagi mereka yang mengalami permasalahan sosial.

“Karena ternyata banyak di pedesaan yang mengalami penyakit jiwa dan mereka belum mengenal apa itu penyakit jiwa. Selama ini mereka kenalnya hanya penyakit yang bisa dionati secara fisik. Kita juga memberikan motivasi, jadi jangan sampai mereka sudah miskin harta, tapi mentalnya pun harus dibentuk,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Sumda Polres Srage, Kompol Dwi Retnowati, mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menyampaikan, kegiatan tersebut secara rutin dilakukan. Namun kali ini digelar sebagai rangkaian dari HUT Bhayangkara dan HUT Polwan yang kebetulan kegiatannya dilakukan bertepatan dengan bulan Ramadan.

“Karena bersamaan dengan Peringatan Hari Bayangkayara kita juga memberikan zakat fitrah  bagi yang membutuhkan termasuk sembako. Saya bersama rekan Polwan berbagi untuk menyempurnakan ibadah puasa dalam rangka HUT Bhyayangkara dan ulang tahun Polwan,” kata Kompol Retno

Sementara itu, Kepala Desa Ngrombo, Kristina Indriyastuti menambahkan, ada sekitar 25 lansia warganya yang menerima paket sembako dari Polwan dan Duta Amanah. Jumlah itu menurutnya sudah diambil yang benar-benar miskin dari seluruh jumlah KK miskin di Desa Ngrombo sebanyak 503 orang.

“Ini mau lebaran, beban hidup mereka akan semakin berat. Jadi dengan adanya bantuan ini semoga bisa meringankan beban mereka untuk menghadapi puasa dan lebaran nanti,” tuturnya.