Motif Batik Mangkunegaran Hadir di Wonogiri…

Batik Mangkunegaran yang dikembangkan pengrajin batik Wonogiri, Senin 29 Januari 2018. (Premana/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-WONOGIRI-Bila zaman dahulu, corak batik hanya terbatas beberapa varian. Namun kini para pengrajin batik lebih inovatif, sehingga mampu menciptakan berbagai corak batik. Dengan demikian, batik pantas dikenakan dimanapun, kapan pun dan oleh siapa pun.

Seperti pengrajin batik yang bermarkas di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, ini. Mereka terus berinovasi mengikuti perkembangan fashion, namun juga tetap memproduksi batik tradisional.

‘’Untuk mempertahankan corak tradisional warisan leluhur, kami memproduksi batik motif Mangkunegaran. Namun bagi yang menyukai batik dengan motif abstrak dan kontemporer kami pun menyediakan,” kata Suparno, pengrajin batik setempat Senin 29 Januari 2018.

Untuk meladeni pasar batik modern, pihaknya telah memproduksi batik motif baru yang dinamai batik Dedy Sutomo. “Kami sengaja menggunakan nama artis film terkenal, karena dia (Dedy Sutomo) juga merupakan artis yang suka terhadap batik. Dan di batik tersebut kita tampilkan foto Dedy Sutomo,’’ jelasnya.