Haul Habib, Hindari Tiga Ruas Jalan Ini

Peta manajemen lalu lintas dan area kantong parkir yang diberlakukan Dinas Perhubungan Kota Solo selama berlangsungnya Haul Habib di Pasarkliwon 7-9 Januari mendatang (/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG.COM – SOLO – Agenda tahunan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi tahun ini akan kembali berlangsung mulai Minggu hingga Selasa (7-9/1/2017) mendatang. Karena itu, selama pelaksanaan kegiatan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akan menutup sebagian ruas Jalan Kapten Mulyadi, tepatnya mulai simpang empat Pasarkliwon hingga simpang empat Baturono selama tiga hari. Selain itu, disiapkan pula rekayasa lalu lintas untuk memudahkan pengalihan arus kendaraan dari Jalan Kapten Mulyadi.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalulintas, Dishub Kota Solo, Ari Wibowo mengatakan, selama penutupan Jalan Kapten Mulyadi, maka arus kendaraan yang biasanya melintas di sana, khususnya kendaraan berat dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP) akan dialihkan menuju Jalan Mayor Kusmanto menuju Jalan Slamet Riyadi yang akan diberlakukan dua arah mulai dari Gladak hingga simpang empat nonongan untuk masuk ke Jalan Yos Sudarso hingga masuk jalur Solo-Wonogiri.

“Selain itu, untuk mengurangi crossing kendaraan sejumlah simpang jalan yang ada di sepanjang Jalan Yos Sudarso dan dr Radjiman akan ditutup. Kemudia Jalan Ahmad Dahlan juga akan diberlakukan satu arah,” jelasnya.

Disinggung mengenai titik rawan macet, Ari mengatakan penumpukan kendaraan diprediksi akan terjadi di Jalan Yos Sudarso dan Veteran. Karena itu, pihaknya pun mengimbau masyarakat yang ingin ke Solo untuk menghindari ketiga ruas jalan tersebut agar tidak terjebak macet.

“Kami juga sudah melayangkan surat edaran kepada warga sebagai langkah antisipasi sekaligus sebagai pemberitahuan kepada masyarakat. Sehingga mereka bisa mencari jalur lain agar perjalanannya tidak tersendat,” imbuhnya.

Seperti pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini kegiatan Haul Habib dipastikan akan dipadati ratusan ribu jamaah yang datang dari berbagai pelosok Tanah Air hingga luar negeri.