Latihan Kader Dasar Fatayat NU Ciptakan Perempuan yang Mandiri dan Kuat

Pelantikan pengurus Fatayat NU Karanganyar dan LKD Senin 25 Desember 2017. (Suroto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KARANGANYAR-Fatayat NU Kabupaten Karanganyar menggelar  Latihan Kader Dasar (LKD) bagi pengurus PAC Fatayat NU se-Kabupaten Karanganyar, Senin 25 Desember 2017. LKD ini bertujuan memberikan pemahaman materi Keaswajaan kepada para kader Perempuan NU.

Mereka nantinya diharapkan mampu menjadi kader NU yang militan dalam menopang perjuangan NU. Menurut Sri Lestari Rosyid S.Ag, selaku panitia, LKD ini selain bermaterikan tentang keaswajaan, para kader perempuan Nu ini juga diberi wawasan kemandirian ekonomi.

Nantinya para kader ini akan di dampingi pengurus Fatayat untuk mendirikan usaha yang berbasis home industri. ”Selain hal pokok tentang keaswajaan, para kader ini juga akan diberi materi tentang kemandirian ekonomi dengan jalan menumbuhkan semangan wirausaha yang berbasis home industry,” ujarnya, usai dilantik menjadi Ketua Fatayat NU Karanganyar.

Dikatakan, saat ini Fatayat sudah merintis memberikan pendampingan pada ibu-ibu di kalangan nahdhiyin dalam bidang wirausaha. Hal ini sebagai rintisan awal. ”Ada beberapa kelompok usaha pembuatan kue dan beberapa kelompok ternak yang kita damping,” papar dia.

Pihaknya berkomitmen untuk menjadikan para perempuan NU menjadi energi yang sinergis bagi perjuangan NU. ”Artinya kita selaku Fatayat bisa memberikan kontribusi kepada sayap-sayap NU  yang lain untuk mewujudkan perjuangan kaum nahdliyin,” tegasnya.