63 Calon Inspirator Ikut Seleksi Kelas Inspirasi 5 Solo Raya

Seorang Inspirator tengah membagikan cerita inspiratifnya ke murid-murid di SD Demangan 59, Solo pada Kelas Inspirasi 4 tahun 2016 lalu. | Istimewa (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SOLO– Sejak dibukanya pendaftaran dan seleksi inspirator dan dokumentator Kelas Inspirasi 5 Solo Raya, 16 Juni 2017 lalu, kini jumlah calon inspirator dan dokumentator yang ingin berpartisipasi terus bertambah. Setidaknya hingga tanggal 7 Juli 2017, tercatat sudah ada 95 pendaftar, masing-masing 63 pendaftar calon inspirator dan 32 pendaftar calon dokumentator.



Ketua Pelaksana Kelas Inspirasi 5 Solo Raya, Rahmat Bintar Pamungkas menjelaskan, pihaknya masih membuka kesempatan bagi para inspirator dan relawan dokumentator yang ingin bergabung. “Pengumuman dijadwalkan pada Kamis (20/7/2017) mendatang. Kami masih membuka kesempatan bagi putera-puteri terbaik bangsa yang siap menginspirasi adik-adik di 15 SD terpilih di Solo, Sukoharjo dan Karanganyar,” papar Rahmat kepada fokusjateng.com, Minggu (9/7/2017).

Dia juga menjelaskan tentang kriteria bagi inspirator dan dokumentator yang ingin berpartisipasi dalam Kelas Inspirasi 5 Solo Raya 2017 pada Sabtu, 12 Agustus 2017 mendatang. Inspirator, disebutkan, harus memenuhi kriteria pertama, profesional dan berpengalaman di bidangnya minimal 2 tahun. Kedua, bersedia mengikuti technical meeting. Sedangkan syarat untuk dokumentator antara lain, pertama, profesional atau mahasiswa. Kedua, membawa peralatan dan perlengkapan dokumentasi sendiri pada saat Hari Inspirasi. Syarat atau kriteria tersebut bisa diakses melalui link berikut bit.ly/KI5socInsp (Inspirator) dan bit.ly/KI5socDoc (Dokumentator).

Sementara itu, Dimas Yurizandi, anggota tim recruitment memaparkan, hingga saat ini, proses recruitment inspirator dan dokumentator berjalan lancar. Menurutnya, kegiatan Kelas Inspirasi ini bersifat free, atau tidak dipungut biaya apa pun bagi calon inspirator dan dokumentator yang ingin terlibat. Hanya saja terkait kebutuhan dan keperluan para calon inspirator dan dokumentator di Kelas Inspirasi ini, nantinya menjadi tanggung jawab masing-masing inspirator dan dokumentator.

“Jumlah pendaftar Inspirator Kelas Inspirasi 5 Solo Raya ini kami targetkan sebanyak sekitar 100 pendaftar, yang nantinya akan diseleksi untuk diambil sebanyak 45 inspirator. Pada Hari Inspirasi nanti, mereka akan diarahkan ke 15 SD terpilih di wilayah Solo, Sukoharjo dan Karanganyar,” ujar Dimas.

Pendaftar calon inspirator, sambung dia, didominasi oleh pendaftar dari wilayah Solo Raya. Namun ada pula yang berasal dari Bandung, Surabaya hingga Jambi. “Mereka berasal dari berbagai bidang profesi, seperti pendidikan, wiraswasta dan kesehatan. Namun, kami tetap membuka kesempatan yang selebar-lebarnya untuk profesi lain yang lebih unik dan bervariasi,” papar Dimas. (did)