Mengenal Sosok Ki Djoko Sutedjo Pelukis Wayang asal Klego Boyolali yang Pecahkan Rekor Dunia LEPRID

Ki Djoko Sutedjo melukis wayang berlogo Garuda Pancasila. Karyanya ini mengantarkannya merai rekor dunia LEPRID. (Ichwan Prihantoro/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Kabupaten Boyolali memiliki potensi seniman yang sebagian sudah moncer di kancah internasional. Seperti pelukis wayang Ki Djoko Sutedjo, asal Dukuh Pelang, Desa Bade, Kecamatan Klego, Boyolali, ini.

Belum lama ini, dia memecahkan rekor dunia dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID). Penghargaan itu disematkan atas prestasinya mengadakan pameran tunggal serta mengadakan bakti sosial cek kesehatan gratis bagi kepala sekolah SD, SMP, SMA, dan kepala desa (kades) terbanyak di Boyolali.

Pelukis yang sudah mengantongi tiga penghargaan dari MURI ini mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila¬†saya melukis wayang Pandawa Lima. “Yaitu terdiri Prabu Yudistira, Raden Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa,” tuturnya Kamis 7 Juni 2018.

Lukisan ini beda dengan lukisan pada umumnya. Sebab, di atasnya ada gambar Garuda Pancasila yang menggambarkan negara Amarta yang dipimpin Prabu Yudistira bisa bersatu, aman, tenteram karta raharja. “Sekarang saya sibuk mengerjakan lukisan untuk pameran memeriahkan halal bihalal warga Boyolali yang ada di jabotabek,” katanya.